Dalil
Di malam-malam Ramadhan umat Islam dituntunkan untuk melaksanakan qiyamu Ramadhan (shalat Tarawih) sesuai dengan hadis Nabi saw,
عَن أَبي هريرة قال كان رسول الله ص.م يُرَغِّبُ في قِياَمِ رَمَضَان مِن غَيرِ أَن يأمُرهم بَعَزِيمة فيقولمَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه (رواه البخاري و اللفظ المسلم)
Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. Ia berkata: Adalah Rasulullah saw menganjurkan mereka untuk melakukan qiyamu Ramadhan tetapi tidak mewajibkan, sebagaimana sabda beliau: Barang siapa yang terjaga (melakukan qiyam) di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Dua ahli hadis, dan lafalnya adalah lafal Muslim)
Hukum Qiyamu Ramadhan (Shalat Tarawih)
Qiyamu Ramadhan adalah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan. Hukumnya sunnah dan tidak wajib. Hal ini dapat dilihat dari hadits Ibnu Abbas yang dikutip di muka dan hadits Aisyah berikut:
عن ابن شهاب قال أخبرني عروة أن عائشة أخبرته أن رسول الله صلى الله عليه وسلم خرج ذات ليلة من جوف الليل فصلى في المسجد فصلى رجال بصلاته فأصبح الناس فتحدثوا فاجتمع أكثر منهم فصلوا معه فأصبح الناس فتحدثوا فكثر أهل المسجد من الليلة الثالثة فخرج رسول الله صلى الله عليه وسلم فصلوا بصلاته فلما كانت الليلة الرابعة عجز المسجد عن أهله حتى خرج لصلاة الصبح فلما قضى الفجر أقبل على الناس فتشهد ثم قال أما بعد فإنه لم يخف علي مكانكم لكني خشيت أن تفرض عليكم فتعجزوا عنه. (رواه البخاري و المسلم)
Artinya: Diriwayatkan dari Ibnu Syihab (dilaporkan bahwa) ia berkata: ‘Urwah menyampaikan kepada saya bahwa Aisyah telah melaporkan bahwa Rasulullah saw pada suatu malam (di bulan Ramadhan) berangkat ke masjid dan mendirikan shalat di sana. Kemudian orang banyak mengikuti beliau. Keesokan harinya orang bercerita tentang shalat Rasulullah saw. itu sehingga jama’ah semakin banyak. Keesokan harinya orang juga bercerita lagi sehingga pada malam keempat jama’ah tidak lagi tertampung di masjid itu. Paginya, setelah selesai shalat shubuh Nabi berkata: ‘amma ba’du. Sesungguhnya aku tahu kemampuan kalian. Akan tetapi aku ragu bila shalat tarawih itu diwajibkan atas kalian, dan kalian tidak mengerjakannya (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Jumlah Raka’at Qiyamu Ramadhan
Pada dasarnya qiyamu Ramadhan, shalat tahajjud, shalat witir, dan qiyamu lail adalah sama. Dengan demikian jumlah raka’at qiyamu Ramadhan adalah 11 raka’at. Hal ini didasrkan pada hadits riwayat Abi Salamah bin Abdirrahman ketika beliau bertanya pada ‘Aisyah (istri Rasulullah)
كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي رَمَضَانَ ؟ قَالَتْ : ” مَا كَانَ الرسول الله ص.م يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلاَ فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي ثَلاَثًا. ( رواه البخاري)
Artinya: Bagaimana shalatnya Rasulullah saw di bulan Ramadhan? Aisyiyah menjawab: Tidaklah Rasulullah saw. menambah baik di bulan Ramadhan atau di luar bulan Ramadhan lebih dari sebelas raka’at. Beliau shalat empat raka’at maka janganlah kamu tanyakan bagus dan lamanya, kemudian beliau shalat empat raka’at, maka janganlah kamu tanyakan bagus dan lamanya, kemudian beliau mengerjakan shalat tiga raka’at (HR al-Bukhari)
Tata Cara Pelaksanaan Qiyamu Ramadhan
Beberapa hadits Nabi saw yang terdapat dalam HPT hal 346-354 menjelaskan bahwa kaifiyat (tata cara) qiyamu Ramadhan adalah sebagai berikut:
1 Diawali dengan melaksanakan shalat iftitah 2 raka’at (rak’atain khofifatain). Hal ini didasarkan pada hadits riwayat Muslim sebagai berikut:
عَنْ اَبِى هُرَيْرَة عَنِ النَّبِى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:إِذَا قاَمَ اَحَدُكُمْ مِنَ اللَّيْلِ فَلْيَفْتَحْ صَلاَتَهُ بَرَكْعَتَيْنِ خَفِفَتَيْنِ.(رواه مسلم)
Artinya: Diriwayatkan dari dari Abi Hurairah ra dari Nabi saw beliau bersabda: Apabila di antaramu akan melakukan shalat malam, hendaklah membukanya dengan dua raka’at yang ringan-ringan. (HR Muslim)
2 Cara melaksanakan shalat iftitah 2 raka’at, yaitu pada raka’at pertama setelah takbiratul ihram membaca do’a iftitah: “Subhanallah Dzil Malakuut wal Jabaruut wal Kibriyaa-i wal ‘Adzomah”, lalu membaca “al-Fatihah”. Dan pada raka’at kedua hanya membaca “al-Fatihah”. Adapun bacaan lainnya seperti; bacaan pada waktu ruku’, sujud dan lainnya sama bacaannya seperti dalam shalat biasa.
عَن حُذَيْفَةَ بْنِ اليَمَانِ قَالَ : أَتَيتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهَ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ ، فَتَوَضَّأَ وَقَامَ يُصَلِّي ، فَأَتَيْتُهُ ، فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِه ، فَأَقَامَنيَ عَنْ يَمِيْنهِ ، فَكَبَّرَ ، فَقَالَ : سُبْحَانَ اللهِ ذِي اْلَمَلَكُوْتِ ، وَالْجَبَرَوت ، وَالْكِبْرِيَاءِ ، وَالْعَظَمَةِ – اَخْرَجَهُ الطَّبْرَانِى فِى اْلأَوْسَطِ وَقَالَ فِى مَجْمَعِ الزَّوَائِدِ: رِجَالُهُ مُوَثَّقُوْنَ: الجزء الول: 107
Artinya: Dari Khuzaifah al-Yamany ia berkata: Pada suatu malam aku pernah dapat pada Nabi saw., kemudian beliau berwudhu dan mendirikan shalat. Maka aku menghampiri beliau di sebelah kirinya, lalu aku ditempatkan di sebelah kanannya. Maka beliau membaca “Subhanallah Dzil Malakuut wal-Jabaruut wal Kibriyaa-i wal ‘Adzamah. (Majma’ az-Zawaid wa Manba’ al-Fawaiid, 2:107)
أَنَّ كُرَيْبًا مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ قَالَ سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِاللَّيْلِ قَالَ بِتُّ عِنْدَهُ لَيْلَةً وَهُوَ عِنْدَ مَيْمُونَةَ فَنَامَ حَتَّى إِذَا ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ أَوْ نِصْفُهُ اسْتَيْقَظَ فَقَامَ إِلَى شَنٍّ فِيهِ مَاءٌ فَتَوَضَّأَ وَتَوَضَّأْتُ مَعَهُ ثُمَّ قَامَ فَقُمْتُ إِلَى جَنْبِهِ عَلَى يَسَارِهِ فَجَعَلَنِي عَلَى يَمِينِهِ ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِي كَأَنَّهُ يَمَسُّ أُذُنِي كَأَنَّهُ يُوقِظُنِي فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ قَدْ قَرَأَ فِيهِمَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ صَلَّى حَتَّى صَلَّى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً بِالْوِتْرِ ثُمَّ نَامَ فَأَتَاهُ بِلَالٌ فَقَالَ الصَّلَاةُ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَقَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ صَلَّى لِلنَّاسِ – رواه أبو داود:الصلاة: فى صلاة الليل:1157
Artinya: Sungguh Kuraib ibnu Abbas, ia menceritakan bahwa dirinya berkata: Saya bertanya kepada Ibnu Abbas; Bagaimana shalatnya Rasulullah saw pada malam hari. Saya bermalam di tempat, sedang beliau (Rasulullah) berada di tempat Maemunah…, maka beliau shalat dua raka’at ringan-ringan-ringan, beliau membaca Ummul Qur’an pada setiap rakaat kemudian beliau mengucapkan salam sampai beliau shalat sebelas raka’at (HR Abu Daud)
3 Pelaksanaan shalat khafifatain yang dua raka’at itu sebagaimana halnya pelaksanaan 11 raka’at dapat dilakukan secara berjamaah (hadits Ibnu Abbas dari Kuraib)
4 Setelah itu, melaksanakan shalat sebelas raka’at. Beberapa hadits Nabi saw menjelaskan bahwa qiyamu Ramadhan dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, diantaranya;
a Melaksanakan 4 raka’at + 4 raka’at + 3 raka’at = 11 raka’at
Qiyamu Ramadhan yang jumlah raka’atnya 11 dapat dilaksanakan dengan cara 4 raka’at satu salam, 4 raka’at satu salam kemudian 3 raka’at satu salam. Tata cara semacam ini didasarkan pada beberapa hadits, diantaranya;
عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِي رَمَضَانَ فَقَالَتْ مَا كَانَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ، وَلاَ فِي غَيْرِهَا عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلاَ تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلاَ تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي ثَلاَثًا، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوتِرَ قَالَ يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ، وَلاَ يَنَامُ قَلْبِي
Artinya: Dari Abi Salamah bi Abdirrahman, sesungguhnya ia telah bertanya pada Aisyah ra.: Bagaimana shalatnya Rasulullah saw. di bulan Ramadhan? Aisyah menjawab: Tidaklah Rasulullah saw menambah baik di bulan Ramadhan atau di luar bulan Ramadhan lebih dari sebelas raka’at. Beliau shalat empat raka’at maka jangan tanyakan bagus dan lamanya, kemudian belaiu shalat emat raka’at maka jagnanlah kamu tanyakan bagus dan lamanya, kemudian beliau mengerjakan shalat tiga raka’at. Aisyah berkata: Wahai Rasulullah apakah engkau tidur sebelum melakukan witir? Nabi menjawab: Ya Aisyah, sesungguhnya kedua mataku tidur, akan tetapi hatiku tidak tidur.” (HR Muslim)
b 2 (rak’ataian khafifatain) 2 raka’at + 2 raka’at + 2 raka’at + 2 raka’at + 2 raka’at + 1 raka’at – 13 raka’at
cara melaksanakan qiyamu Ramadhan 13 raka’at tersebut dimulai dengan 2 raka’at khofifatain dilakun dengan 2 raka’at, 2 raka’at, 2 raka’at, 2 raka’at, 2 raka’at kemudian witir 1 raka’at. Hal ini berdasar pada beberapa hadits, diantaranya;
عَنْ زَيْدِ بِنْ خَالِدٍ الْجُهَنَيِّ أَنَّهُ قَالَ لَاَرْمُقَنّ صَلَاةُ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم الَّيْلة فَصَلّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ الَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ الَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ الَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ الَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ اَوْتَرَفَذاَلِكَ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً
Artinya: “Diriwayatkan dari Zaid bin Khalid al-Huhany bahwa ia berkata: Benar-benar aku akan mengamati shalat Rasulullah saw pada malam ini, beliau shalat dua raka’at khafifatain, lalu beliau shalat dua raka’at panjang-panjang keduanya, kemudian shalat dua raka’at yang kurang panjang dari shalat sebelumnya, lalu beliau shalat lagi dua raka’at yang kurang lagi dari shalat sebelumnya, kemudian shalat dua raka’at yang kurang lagi dari sahalat sebelumnys, lalu beliau shalat lagi dua raka’at yang kurang lagi dari shalat sebelumnya, kemudian shalat dua raka’at yang kurang lagi dari shalat sebelumnya, dan beliau melakukan witir (satu rka’at). Demikianlah (shalat) tiga belas raka’at”(HR Muslim)
Hadits di atas menjelaskan bahwa Nabi saw pernah melakukan shalat malam 13 raka’at dan dimulai dengan 2 raka’at yang ringan-ringan dilanjutkan dengan 11 raka’at
4 Setelah shalat witir selesai, kemudian membaca kalimat “Subhaanal malikil Quddus” 3X dengan suara nyaring dan panjang pada bacaan yang ketiga. Lalu membaca “Rabbil Malaaikati Warruuh” “Rabbil Malaaikati Warruuh”.
Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Ubah bin Ka’ab sebagai berikut;
كَانَ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقْرَأُ فِى الْوِتْرِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى و َ قُلْ يَآأَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ فَاِذَا سَلَّمَ قَالَ سُبْحَانَ الْمَلِكِ اْلقُدُسِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ
Artinya: “Adalah Rasulullah saw pada shalat witir membaca “Sabbihis marabbikal a’la” dan “Qurl yaa ayyuhal Kafirrun” dan “Qul huwallahu Ahad”. Kemudian apabila telah selesai mengucapkan salam beliau membaca “Subhaanal malikil Quddus” tiga kali (HR an-Nasai)
Juga hadits riwayat Abdirrahman sebagai berikut:
Artinya: “Adalah Rasulullah saw beliau melakukan (shalat) witir dengan membaca “Sabbihis marabbikal a’la, dan “Qul yaa ayyuhal Kafirun” dan “Qul Huwallahu Ahad”. Apabila telah selesai salam, beliau membacda “Subhannal malikil Quddus” tiga kali dan memanjangkan dan meninggikan suaranya pada (bacaan)ketiga” (HR an-Nasai)
كَانَ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقْرَأُ فِى يُوْتِرُ بِسَبِّحْاِسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى و َ قُلْ يَآأَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَاِذَا سَلَّمَ قَالَ سُبْحَانَ الْمَلِكِ اْلقُدُسِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ يَمُدّ ُصَوْتَهُ فِى الثَّالَثَةِ ثُمَّ يَرْفَعُ – انسـأى
Artinya: “dan Lafadz ad-Daruquthni: Apabila beliau selesai mengucapkan salam, beliau membaca “Subhaanal malikil Quddus” tiga kali dan memangjangkan bacaannya, kemudian beliau membaca: Rabbil Malaikati war Ruuh”.
و لفظا الدرالقطنى : اِذَا سَلَّمَ قَالَ: سُبْحَانَ الْمَلِكِ اْلقُدُسِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ يَمُدّ ُصَوْتَهُ وَيَقُوْلُ رَبُّ الْمَلَإِىكَةُ وَالرُّوْحُ – رواه الطلرانى
Sumber: Tuntunan Ramadhan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
disadur dari : suaramuhammadiyah.id