OTOMATISASI TATA KELOLA HUMAS PROTOKOL
KD/ Materi : 8 Fungsi Komunikasi Tertulis
Tujuan :
a Siswa mampu memahami 8 fungsi komunikasi tertulis secara umum
b. siswa mampu membedakan
fungsi komunikasi tertulis dan komunikasi lisan
c. peserta didik mampu mempraktikan komuniksi tertulis dalam bidang kehumasan
Bissmillaahirohmaanirrohim
Pada pertemuan pertama kita sudah mempelajari 4 bagian dari 8 fungsi Komunikasi Tertulis antara lain :
1. Menyampaikan dan bertukar informasi
2. Mempengaruhi
3. Memecahkan masalah dan memberikan instruksi
4. Mencari penjelasan
Dalam dunia humas keterampilan membuat dan meyajikan komunikasi secara tertulis merupakan keterampilan yang harus dimiliki. Kemampuan ini akan berguna dalam mensosialisikan atau menjalankan tugas kehumasan.
Pada pertemuan sekarang kita akan pelajari 4 fungsi selanjutnya. yaitu :
5. Membangun dan memelihara hubungan bisnis
Komunikasi tertulis dalam dunia bisnis seperti surat dapat membantu membangun dan memelihara hubungan bisnis antara berbagai pihak seperti manufaktur, distributor, konsumen, dan lain-lain.
6. Referensi, arsip, atau alat bukti
Komunikasi tertulis seperti surat dan lain-lain sangat berguna sebagai arsip dan referensi terkait dengan transaksi yang telah dilakukan. Dalam bisnis, komunikasi terjadi antara sejumlah besar orang yang tidak mungkin diingat seluruhnya oleh pebisnis. Surat dapat berperan sebagai alat rekam kejadian sebelumnya dan dapat digunakan untuk referensi di masa depan. Selain itu, komunikasi tertulis dalam dunia bisnis seperti surat dapat berfungsi sebagai alat bukti. Sebuah perjanjian tertulis mengikat berbagai pihak yang terlibat dalam perjanjian untuk mematuhi apa yang telah disepakati secara tertulis.
7. Membangun itikad baik
Fungsi komunikasi tertulis lainnya seperti surat adalah untuk membangun dan menjual reputasi yang baik serta keramahtamahan perusahaan atau organisasi. Komunikasi tertulis juga berperan sebagai duta sebuah negara untuk sebuah organisasi atau perusahaan. Tujuannya adalah membangun itikad baik dalam hubungan antara konsumen dan organisasi atau perusahaan, mengundang konsumen untuk membeli produk dan jasa, dan lain-lain.
8. Membuat permintaan
Komunikasi tertulis dalam dunia bisnis dapat berfungsi untuk membuat permintaan kepada berbagai pihak. Hal ini kerapkali digunakan manajer dan bawahan untuk meminta yang lainnya agar melakukan rapat, mengeksekusi tindakan, dan lain-lain.
Demikian materi kita tentang : 8 Fungsi Komunikasi Tertulis, semoga banyak hal yang dapat kita jadikan keilmuan.