Dipost oleh admin
Isi Notulen Rapat
Dalam membuat notulen rapat , harus memenuhi beberapa isian diantaranya sebagai berikut :
~ Tujuan dari diadakannya aktivitas sidang atau rapat
~ Hal-hal yang akan di bicarakan saat rapat berlangsung
~ Rekomendasi dan keputusan dari proses acara
~ Waktu pelaksanaanPihak-pihak yang berkaitan dalam acara
Susunan notulen
Saat menulis notulen terdapat beberapa rangkaian yang perlu diperhatikan agar notulen yang di buat bisa tersusun secara sistematis.
Berikut susunan pembuatan notulen yang benar :
Kepala Notulen
yaitu bagian awal dalam pembuatan notulen. Kepala notulen berisi mengenai :
~ Topik yang menjadi pembahasan
~ Hari dan tanggal acara
~ Waktu acara
~ Tempat acara
~ petugas rapat Dalam hal ini biasanya mencakup ketua, wakil ketua, sekretaris, notulis dan peserta.
Isi Notulen,
yaitu bagian dari notulen yang terbentuk dari beberapa hal yang di ulas hingga mendapatkan hasil akhir dari ketentuan rapat.
Agar isi notulis bisa tersusun secara sistematis maka harus di buat menjadi 4 bagian, di antaranya:
~ Kata Pembuka
~ Topik pembahasan
~ Pembacaan keputusan
~ Waktu penutupan
Bagian Akhir Notulen,
yaitu bagian penulisan paling akhir yang mengulas penjelasan tentang hal-hal akhir penulisan notulen.
Bagian akhir notulen ini di bagi menjadi 3 bagian yakni :
~ Nama jabatan
~ Tanda tangan
~ Nama pejabat, pangkat maupun NIP
Penandatanganan, pada bagian ini diisi mengenai tanda tangan dari pihak-pihak yang dianggap ikut andil dan bertanggung jawab atas terlaksananya kegiatan tersebut. Umumnya, notula tersebut di tanda tangani oleh ketua, wakil ketua, sekretaris dan notulis itu sendiri.
Pengertian Notulis
Notulis merupakan seseorang yang bertugas membuat notulen rapat dari awal hingga akhir acara. Dalam memilih notulis ada baiknya harus memperhatikan kemampuan dari notulis itu sendiri, karena notulis dituntut untuk harus selalu menangkap dengan terperinci hal-hal apa saja yang harus di tulis saat acara diadakan.
Tugas Notulis
Notulis berperan penting saat diadakan acara. Berikut beberapa tugas notulis yang perlu dicatat dalam kegiatan :
~ Mencatat jumlah peserta
~ Mencacat tema masalah
~ Menuliskan rangkuman hingga mendapatkan hasil dari diskusi tersebut
~ Mencatat waktu ketika diskusi berjalan ~ Mendokumentasikan catatan mengenai diskusi yang sedang di kerjakan
~ Memperhatikan dengan seksama serta menuliskan segala hal agar diskusi berjalan dengan baik dan sistematis
Demikian ~oh~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar