SMK PERTIWI GELAR DWI LOMBA PMR ke-6
Perbedaan Pembawa Acara, MC, Protokol, dan Protokoler
Perbedaan Pembawa Acara, MC, Protokol, dan Protokoler penting dipahami agar tidak terjadi "salah paham" dan "salah kaprah" dalam penggunaanya.
Bisa dikatakan, Pembawa Acara, MC, Protokol, dan Protokoler adalah "serupa tapi tak sama".
Pembawa Acara (PA)
Orang yang membawakan acara atau memandu acara secara umum, terutama acara resmi, formal, atau seremonial yang terikat dengan etika protokoler.
Pembawa acara resmi tidak dituntut berimprovisasi, tinggal bacain doang yang sudah disiapkan “seki acara”, dan harus menggunakan bahasa formal, baku, alias “bahasa Indonesia yang baik dan benar”.
MC (Master Of Ceremony)
Orang yang memawa atau memandu jalannya acara tidak resmi (nonformal) dan semi-formal, seperti acara hiburan, pelatihan, seminar, workshop, dan sejenisnya.
MC mesti mampu berimprovisasi, humoris, menghibur audiens, membangkitkan semangat (antusiasme), mengenalkan pembicara, memimpin aplaus, dan kadang-kadang membawakan permainan (game) dan kuis di sela-sela acara.
Protokol
Istilah protokol tidak merujuk pada manusia atau orang. Protokol bukan orang, tapi “sistem” atau “aturan”.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikannya sebagai: “peraturan upacara di istana kepala negara atau berkenaan dengan penyambutan tamu-tamu negara dsb.,” dan “tata cara (upacara dsb) yang secara internasional berlaku dalam hubungan diplomatik”.
Menurut KBBI, protokol dalam bahasa percakapan sehari-hari merujuk pada “orang yang bertugas mengatur jalannya upacara”.
Protokoler
Menurut KBBI, protokoler artinya “berhubungan (berkaitan) dengan protokol” atau “bersifat keprotokolan”.
Sebagai tata acara, protokol bersifat internasional. Ia mengatur bagaimana seharusnya hubungan antarnegara dan acara yang melibatkan pejabat negara yang berbeda dilakukan.
UU No. 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan mendefinisikan “protokol” atau “keprotokolan” sebagai “serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat."
Protokol dalam pengertian “pengatur acara” bertugas menentukan pembawa acara, mengurus soal dokumentasi, konsumsi, penerimaan tamu, hiburan, perlengkapan, keamanan, dan hal lain yang menunjang kesuksesan acara.
Demikian sebagai tambahan hasanah informasi.
~oh~
10 KEAHLIAN HUMAS
Keahlian yang harus dimiliki praktisi humas ata staf public relations (PR) utamanya keterampilan komunikasi lisan (public speaking) dan komunikasi tulisan (menulis, writing skills).
Berikut ini keahlian yang harus dimiliki praktisi humas menurut Cutlip, Centre, dan Broom dalam Effective Public Relations dalam Komunikasi Antar Pribadi karya Dra. Yusriah Nasution, M.Pd.
TOP 10 PR SKILLS - 10 KEAHLIAN HUMAS
1. Writing (Menulis)
Menulis adalah keahlian utama yang harus dimiliki seorang praktisi humas atau petugas PR. Bukan sekadar tulis-menulis sembarangan; tulisan harus memuat unsur "green journalism".
Tulisan yang biasa dibuat oleh seorang petugas PR bentuknya sebagai siaran berita atau rilis pers (press release), "surat berita "(newsletter), korespondensi, laporan, buklet, naskah pidato, naskah radio dan TV, skrip film, artikel majalah dan buletin, informasi produk, dan sebagainya.
2. Editting (Mengedit)
Memeriksa komunikasi internal dan eksternal dalam bentuk publikasi.
3. Media Relations (Hubungan dengan Media)
Hubungan dengan media, memberikan informasi, menanggapi permintaan informasi.
4. Special Events (Kejadian khusus)
Merancang dan menangani konferensi pres, pameran, open house, perayaan ulang tahun perusahaan, pengumpulan dana, konteks, penghargaan, dan sebagainya.
5. Speaking (Berbicara)
Berbicara mewakili organisasi atau merancang penampilan orang lain dihadapan publik.
6. Production (Produksi)
Berkomunikasi dengan menggunakan keterampilan dan pengetahuan tentang multi media; termasuk seni fotografi, layout brosur,buklet, iklan institusional, publikasi periodikal, rekaman dan audit suara serta video tape, presentasi audio visual, dan lain-lain.
7. Research (Penelitian)
Mengumpulkan informasi sehingga memudahkan organisasi untuk merencanakan program sesuai kebutuhan publik, monitoring efektivitas program Humas selama pelaksanaan dan evaluasi dampaknya.
8. Programming & Counselling
Program dan bimbingan yang menentukan kebutuhan, prioritas, tujuaj, publik, sasaran dan strategi, bekerja sama dengan manajemen atau klien untuk proses pemecahan masalah.
9. Training
Melatih atau bekerja sama dengan wakil-wakil organisasi untuk membuat persiapan menghadapi media, presentasi dan pemunculan publik lainnya.
10. Management
kegiatan administrasi operasi fungsi Humas, personalia, keuangan dan program.
Demikian sejumlah keahlian (expertise) atau keterampilan (skills) yang harus dimiliki praktisi humas atau staf PR modern.*
Disadur dari 16/2018, 12: 57:
http://humas-publicrelations.blogspot.co.id
Filosofi "SAWO DUREN"
dipost oleh Admin
SMA MUHAMMADIYAH PURASEDA GELAR BAITUL ARQOM
SMK PERTIWI SUKSES LAKSANAKAN UNBK
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang SMK sudah dimulai hari ini, Senin (2/4/2018).
Seluruh siswa kelas XII SMK baik swasta dan negeri tengah bertarung mengerjakan mata pelajaran Bahasa Indonesia di hari pertama.
Berbeda dengan pelaksanaan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), pelaksanaan UNBK digelar dengan tiga sesi karena siswa akan menggunakan komputer secara bergantian.
Ada empat mata pelajaran yang akn diujikan untuk SMK, yakni hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari keempat Teori Kejuruan.
Untuk jumlah soal sendiri ada 50 butir, kecuali mapel Matematika yang hanya 40 butir.
di SMK PERTIWI CIBUNGBULANG suasana saat ujian begitu kondusif.
hari pertama unbk dilaksanakan, senin 2 april 2018.
Bahkan guru dan kepala sekolah dilarang masuk ke ruang ujian agar siswa bisa fokus mengerjakan soal.
Ada 386 peserta yang ujian di sekolah ini, dimana seluruhnya merupakan siswa SMK PERTIWI.
Untuk pengawas sendiri ada 12 orang dan pakai sistem silang dari sekolah luar.
Sedangkan proktor ada 4 orang dan teknisi 4 orang dengan lab sebanyak 4 ruang dan. client komputer sebanyak 129 unit.
"Alhamdulilah UNBK di SMK PERTIWI berjalan lancar, dan sukses. Tiada kendala yang berarti semuanya dapat ditangani. Berkat kerja keras semua pihak baik proktor, teknisi dan administrasi serta pengawas".
Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu. Terutama kepada dewan guru yang sudah membantu menyediakan komputer untuk digunakan pada UNBK tahun ini.
Salam exambro.
T.H.I.N.K
gb. Ilus : by google
T.H.I.N.K Merupakan tatakrama untuk menjadi kewargaan digital yang baik dan benar, kita telah menyadari pentingnya kewargaan digital.
Tata Krama komunikasi Sinkron juga berkesambungan dengan menggunakan konsep "T.H.I.N.K".
Sebelum kita berkomunikasi di dunia digital , baik itu e-mail, post facebook, twitter, blog, forum, dll.
T.H.I.N.K merpakan akronim dari :
- Is it True (benarkah)?
Benarkah posting anda? atau hanya isu yang tidak jelas sumbernya?
-Is it Hurtful (menyakitkanlah)?
Apakah post anda menyakiti orang lain ?
- Is it illegal (illegalkah)?
illegalkah post anda?
-Is it Neccesary (Pentingkah)?
Pentingkah post anda? post yang tidak penting akan mengganggu orang lain
-Is it Kind (Santunkah)?
Santunkah post anda? , tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain?
Keadilan dan Pemimpin Yang Adil
IKHTISAR JUMAT, Keadilan dan Pemimpin Yang Adil Bandung, 1 November 2014 "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa s...
-
PAI SMA MUHAMMADIYAH PURASEDA Khutbah, Tabligh dan Dakwah (Materi PAI Kelas XI) KHUTBAH, TABHLIGH DAN DAKWAH Capaian Kompetensi...
-
PANDUAN SINGKAT SHOLAT MAYAT Sesudahkan, dimandikan dan dikafankan, maka shalatkanlah mayat itu dengan syarat-syarat shalat deng...
-
Pagi ini coba main ke belakang rumah. Niat memeriksa dan memberi makan hewan kesayangan. Ikan, ayam dan beberapa ekor angsa sele...