Hambatan-hambatan Komunikasi Efektif

Hambatan-hambatan Komunikasi Efektif

Hambatan komunikasi


penaku - Di dalam komunikasi  selalu ada hambatan yang dapat mengganggu kelancaran jalannya proses komunikasi . Sehingga informasi dan gagasan yang disampaikan tidak dapat diterima dan dimengerti dengan jelas oleh penerima pesan atau receiver.

Menurut Ron Ludlow & Fergus Panton, ada hambatan-hambatan yang menyebabkan komunikasi tidak efektif  yaitu adalah:

A. Status effect / pengaruh status sosial

Adanya perbedaaan pengaruh status sosial yang dimiliki setiap manusia. Misalnya karyawan dengan status sosial yang lebih rendah harus tunduk dan patuh apapun perintah yang diberikan atasan. Maka karyawan tersebut tidak dapat atau takut mengemukakan aspirasinya atau pendapatnya.

B. Semantic Problems / Penggunaan Bahasa

Faktor semantik menyangkut bahasa yang dipergunakan komunikator sebagai alat untuk menyalurkan pikiran dan perasaanya kepada komunikan. Demi kelancaran komunikasi seorang komunikator harus benar-benar memperhatikan gangguan sematis ini, sebab kesalahan pengucapan atau kesalahan dalam penulisan dapat menimbulkan salah pengertian (misunderstanding) atau penafsiran (misinterpretation) yang pada gilirannya bisa menimbulkan salah komunikasi (miscommunication). 

Misalnya kesalahan pengucapan bahasa dan salah penafsiran seperti contoh : pengucapan demonstrasi menjadi demokrasi, kedelai menjadi keledai dan lain-lain.

C. Perceptual distorsion / Perbedaan Persepsi

Perceptual distorsion dapat disebabkan karena perbedaan cara pandangan yang sempit pada diri sendiri dan perbedaaan cara berpikir serta cara mengerti yang sempit terhadap orang lain. Sehingga dalam komunikasi terjadi perbedaan persepsi dan wawasan atau cara pandang antara satu dengan yang lainnya.

D. Cultural Differences / Perbedaan Budaya

Hambatan yang terjadi karena disebabkan adanya perbedaan kebudayaan , agama dan lingkungan sosial. Dalam suatu organisasi terdapat beberapa suku, ras, dan bahasa yang berbeda. Sehingga ada beberapa kata-kata yang memiliki arti berbeda di tiap suku. Seperti contoh : kata “jangan” dalam bahasa Indonesia artinya tidak boleh, tetapi orang suku jawa mengartikan kata tersebut suatu jenis makanan berupa sup.

E. Physical Distractions / Lingkungan Fisik

Hambatan ini disebabkan oleh gangguan lingkungan fisik terhadap proses berlangsungnya komunikasi. Contohnya : suara riuh orang-orang atau kebisingan, suara hujan atau petir, dan cahaya yang kurang jelas.

F. Poor choice of communication channels / media

Adalah gangguan yang disebabkan pada media yang dipergunakan dalam melancarkan komunikasi. Contoh dalam kehidupan sehari-hari misalnya sambungan telephone yang terputus-putus, suara radio yang hilang dan muncul, gambar yang kabur pada pesawat televisi, huruf ketikan yang buram pada surat sehingga informasi tidak dapat ditangkap dan dimengerti dengan jelas.

G. No Feed Back / Sikap Cuek

Hambatan tersebut adalah seorang sender mengirimkan pesan kepada receiver tetapi tidak adanya respon dan tanggapan dari receiver maka yang terjadi adalah komunikasi satu arah yang sia-sia. Seperti contoh : Seorang manajer menerangkan suatu gagasan yang ditujukan kepada para karyawan, dalam penerapan gagasan tersebut para karyawan tidak memberikan tanggapan atau respon dengan kata lain tidak peduli dengan gagasan seorang manajer

Demikian 7 (tujuh) penyebab ketidakefektifan komunikasi, sehingga dapat menyebabkan ketimpangan, oleh karena itu harus dihindari dengan cara saling memberikan pemahaman. (/oh)


Belajar Dari Ibrahim A.S.

Belajar Dari Ibrahim A.S.
(Tadabbur Al-Quran Surat Hud (11) Ayat 57


Dalam ayat ke 74 surat Hud, dikabarkan bahwa  setelah Nabi Ibrahim a.s. mengetahui bahwa yang datang kepadanya adalah malaikat utusan Allah, maka dia merasa lega dan hilanglah segala syakwasangka di dalam hatinya. 

Alangkah bahagianya keluarga Nabi Ibrahim a.s. di kala itu, tidak ada kegembiraan dan kebahagiaan yang melebihinya karena apa yang telah lama diingini dan diidam-idamkan, tiba-tiba dengan karunia dan rahmat Allah dia akan memperoleh seorang anak yang sekaligus telah diberi nama Ishak. 

Tetapi Nabi Ibrahim a.s. sebagai seorang penyantun dan pengasih dan penyayang terhadap umat manusia, di saat diliputi kegembiraan, ia tidak lupa bahkan ingat kembali akan ucapan para malaikat itu, bahwa mereka diutus Allah untuk membinasakan kaum Lut. Terlukislah di dalam ingatannya bagaimana buruknya nasib kaum Lut itu, dan bagaimana dahsyatnya malapetaka yang akan menimpa mereka. 

Rasa bahagia dan gembira dengan sekejap telah berganti dengan rasa cemas dan putus asa. Ia memberanikan dirinya untuk berdebat dengan para malaikat itu, dengan harapan rencana pembinasaan kaum Lut itu dapat dibatalkan. Hal itu tersebut dalam firman Allah: 

"Dan ketika utusan Kami (para malaikat) datang kepada Ibrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengatakan, "Sungguh, kami akan membinasakan penduduk kota (Sodom) ini karena penduduknya sungguh orang-orang zalim." (al-Ankabut/29: 31) 

Sehingga dalam ayat 75 Allah abadikan kisah ini dengan demikianlah rasa santun dan kasih sayang seorang nabi terhadap umat manusia, terutama Nabi Ibrahim a.s. yang dalam keadaan gembira dan bahagia ia akan memperoleh keinginan dan idaman hatinya yang telah lama dicita-citakannya, yaitu seorang anak laki-laki bernama Ishak dari istri pertama. 

Di dalam keadaan demikian, biasanya orang lupa akan segala-galanya, tetapi ia tidak melupakan nasib kaum Luth yang didengarnya bahwa mereka akan dibinasakan dan ia mohon kepada Tuhannya agar mereka diselamatkan dengan mengemukakan alasan dan harapan agar permohonannya itu dikabulkan. Sesungguhnya Nabi Ibrahim memang benar seorang yang penyantun dan menaruh iba (kasihan) terhadap orang yang ditimpa kemalangan dan selalu berserah diri kepada Tuhannya. 

Wallahu'alam (/oh).

PRINSIP KOMUNIKASI DALAM KEHUMASAN

PRINSIP KOMUNIKASI DALAM KEHUMASAN 

KD. 
3.5. MENERAPKAN KOMUNIKASI KEHUMASAN
4.5. MEMPRAKTIKAN KOMUNIKASI DALAM.KEHUMASAN

MATERI "REACH"
Prinsip merupakan asas-asas yang dijadikan pedoman dalam melakukan suatu hal. Prinsip komunikasi efektif berarti suatu asas atau hal pokok yang dijadikan landasan untuk melaksanakan kegiatan komunikasi efektif dalam kehumasan pendidikan. Berikut ini beberapa prinsip yang digunakan dalam kegiatan komunikasi efektif dalam kehumasan pendidikan, yaitu sebagai berikut:

1. Respect (Respek)
Respect adalah Perasaan Positif atau penghormatan diri kepada lawan bicara. Komunikator menghargai lawan bicara sama halnya dengan menghargai diri sendiri.  Semua orang ingin dihargai dan dihormati dan menjadi kebutuhan setiap individu. Dale Carnegie (Ikhtisar.com)dalam bukunya “How to Win Friends and Influence People”, juga menjelaskan bahwa rahasia terbesar dalam berurusan dengan manusia adalah penghargaan yang jujur dan tulus. Prinsip menghormati ini harus selalu dipegang dalam berkomunikasi.

2.Empathy (Empati)
Empathy adalah kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang tengah dihadapi orang lain, mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Komunikasi akan terjalin dengan baik sesuai kondisi psikologis lawan bicara.  Ber-Empati harus menempatkan diri sebagai pendengar yang baik,  bahkan sebelum orang lain mendengarkan kita.

3. Audible (Dapat Didengar)
Audible mengandung makna pesan yang harus dapat didengarkan dan dimengerti. Untuk itu yang harus dilakukan yaitu,

a.Pertama, pesan harus mudah dipahami, menggunakan bahasa yang baik dan benar.  Hindari bahasa yang tidak dipahami oleh lawan bicara.

b. Kedua, sampaikan yang penting. Sederhanakan pesan yang ingin disampaikan. Langsung saja pada inti persoalankarena sebagian besar orang tidak suka mendengar yang bertele-tele.

c. Ketiga, gunakan bahasa tubuh. Mimik wajah, kontak mata, gerakan tangan dan posisi badan bisa dengan mudah terbaca oleh lawan bicara. Tunjukkan kesejatian dengan mengoptimalkan bahasa tubuh dan pesan.

d. Keempat,gunakan  ilustrasi atau contoh. Analogi sangat membantu dalam penyampaian pesan.  Gunakan ilustrasi dan contoh nyata.

3.Clarity (Jelas)
Clarity adalah kejelasan dari pesan yang kita sampaikan. Salah satu penyebab munculnya salah paham antara satu orang dengan yang lain adalah informasi yang tidak jelas yang mereka terima. Hindari orang berspekulasi atau menafsirkan sendiri atas apa yang mereka dengar.  Langkah terbaik sebelum melakukan komunikasi adalah dengan menetapkan tujuan secara jelas dan perjelas intonasi suara. Sadari bahwa komunikator punya tujuan dalam berkomunikasi dan sampaikan pesan tersebut dengan suara intonasi suara yang baik.

5. Humble (Rendah Hati)
Sikap rendah hati bukan berarti rendah diri, rendah hati memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara terlebih dahulu dan komunikator menjadi pendengar yang baik.  Sikap ini membangun rasa hormat dan pada akhirnya mengembangkan respek kepada lawan bicara. Sikap rendah hati seperti ini memberikan pamor positif bahwa komunikator merupakan tempat yang tepat dalam sebuah komunikasi dua arah yang saling menguntungkan.

Kunci sukses suatu komunikasi, dalam hal ini komunikasi dalam public relation sangat tergantung pada prinsip pelaksanaan komunikasi yang efektif. Dalam kaitannya dengan prinsip komunikasi yang efektif , hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

Jenis publik (khalayak).
Khalayak disini yang dimaksud yaitu humas sekolah memperhatikan target atau sasaran komunikan. Dalam menentukan sasaran tersebut, humas harus mengetahui masing-masing karakteristik dari publik sasaran humas.

Susunan pesan bagaimana yang mudah dipahami dan tepat.

Penyusunan informasi dan penampilannya diusahakan ditampilkan dengan tepat. Artinya, informasi yang diberikan harus mencakup seluruh isi, menarik dan sederhana, sehingga tidak rumit untuk dipahami oleh komunikan.

Saluran apa saja yang sesuai dengan sifat publik yang dituju.
Saluran yang dimaksud adalah media yang digunakan dalam menyampaikan informasi oleh humas. Media disesuaikan dengan keadaan atau sifat public.


KISI KISI PRAKTIKUM
- BUAT PASANGAN DENGAN TEMAN 
- MENYUSUN SKENARIO PERCAKAPAN HUMAS
- MEPRAKTIKAN KOMUNIKASI HUMAS DALAM BENTUK PERCAKAPAN
- SAJIKAN DALAM BENTUK VIDIO
- PRESENTASIKAN

BAB 7 RASUL-RASUL ITU KEKASIH ALLAH

RANGKUMAN MATERI PAI SMA KELAS XI

MATERI : BAB 7 RASUL-RASUL ITU KEKASIH ALLAH
Kompetensi Dasar : 
3.4. Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt. 

4.4.Menyajikan kaitan antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah 

MATERI : 
A. Pengertian Iman kepada Rasul-Rasul Allah Swt.
Iman kepada rasul berarti meyakini bahwa rasul itu benar-benar utusan Allah Swt. yang ditugaskan 
untuk membimbing umatnya ke jalan yang benar agar selamat di dunia dan akhirat.

Landasan : 
Imam Ahmad : 124.000 Nabi & 315 Rasul
At-Turmuzy : 124.000 Nabi & 312 Rasul

B. Sifat Rasul-Rasul Allah Swt.
1. Sifat Wajib
a. Aṡ-Ṡiddiq
: Aṡ-Ṡiddiq, yaitu rasul selalu benar
b. Al-Amānah : dapat dipercaya
c. At-Tablig : selalu meyampaikan wahyu
d. Al-Faṭānah : kecerdasan yang tinggi.

2. Sifat Mustahil
a. Al-Kiẓẓib : bohong atau dusta
b. Al-Khiānah : khianat.
c. Al-Kiṭmān : menyembunyikan kebenaran
d. Al-Balādah : bodoh.

Selain tersebut di atas, rasul juga memiliki sifat-sifat yang tidak terdapat pada selain rasul, yaitu 
seperti berikut :
1. Ishmaturrasūl adalah orang yang ma’shum, terlindung dari dosa dan salah dalam kemampuan 
pemahaman agama, ketaatan, dan menyampaikan wahyu Allah Swt. sehingga selalu siaga dalam 
menghadapi tantangan dan tugas apa pun.

2. Iltizamurrasūl adalah orang-orang yang selalu komitmen dengan apa pun yang mereka ajarkan. 
Mereka bekerja dan berdakwah sesuai dengan arahan dan perintah Allah Swt. meskipun untuk 
menjalankan perintah Allah Swt. itu harus berhadapan dengan tantangan-tantangan yang berat baik 
dari dalam diri pribadinya maupun dari para musuhnya. Rasul tidak pernah sejengkal pun 
menghindar atau mundur dari perintah Allah Swt.

C. Tugas Rasul-Rasul Allah Swt.
1. Menyampaikan risalah dari Allah Swt.
2. Mengajak kepada tauhid, yaitu mengajak umatnya untuk meng-esa-kan Allah Swt. dan 
menjauhi perilaku musyrik (menyekutukan Allah).
3. Memberi kabar gembira kepada orang mukmin dan memberi peringatan kepada orang kafir.
4. Menunjukkan jalan yang lurus.
5. Membersihkan dan menyucikan jiwa manusia serta mengajarkan kepada mereka kitab dan hikmah.
6. Sebagai hujjah bagi manusia.

D.     Hikmah Beriman kepada Rasul-Rasul Allah Swt.
1. Makin sempurna imannya.
2. Terdorong untuk menjadikan contoh dalam hidupnya.
3. Terdorong untuk melakukan perilaku sosial yang baik.
4. Memiliki teladan dalam hidupnya.
5. Mencintai para rasul dengan cara mengikuti dan mengamalkan ajarannya.
6. Mengetahui hakikat dirinya bahwa ia diciptakan Allah Swt. untuk mengabdi kepada-Nya.

E. Menerapkan Perilaku Mulia
1. Menjunjung tinggi risalah (ajaran Allah Swt. yang disampaikan rasul-Nya). Allah Swt.
2. Melaksanakan seruannya untuk beribadah hanya kepada Allah Swt.
3. Giat dan rajin bekerja mencari rezeki yang halal, sesuai dengan keahliannya
4. Selalu mengingat, memahami, dan berperilaku sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw.
5.Melakukan usaha-usaha agar kualitas hidupnya meningkat ke derajat yang lebih tinggi.
6. Terus berdakwah agar ajaran yang dibawa rasul tidak sirna.

(Oleh Holidin)

Sudahkah Kita Memaksimalkan Waktu?

Sudahkah Kita Memaksimalkan Waktu?

Penaku. Merenungi apa saja yang sudah dilakukan di tahun ini menjelang pergantian tahun, tentu tak bisa terlepas dari waktu dan kesempatan.

Waktu dan kesempatan adalah sesuatu yang memiliki nilai sangat berharga dalam kehidupan seorang muslim. Tidak ada seorang pun yang sanggup membeli waktu dan kesempatan. Sungguh ia berlalu begitu cepatnya, dan tidak mungkin waktu mundur ke belakang walau sesaat. Maka demikianlah Islam memandang begitu berharganya waktu.

Waktu dan kesempatan merupakan modal utama seorang muslim dalam mengarungi kehidupan yang singkat ini. Kesempatan yang sudah berlalu tak akan kembali. Maka siapa saja yang menyia-nyiakan waktu dan umurnya, sungguh orang tersebut telah menyia-nyiakan kebaikan yang begitu besar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam begitu perhatian dengan waktu sehingga beliau bersabda dalam hadits sahih:
نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ؛ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

“Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia, yaitu kesehatan dan waktu luang.”(HR. Al-Bukhari No. 5933)

Orang yang merugi adalah ia yang abai terhadap waktu. Orang tersebut ibarat penjual yang menjual barang dagangannya dengan harga yang lebih murah dari semestinya, atau ia membelinya dengan harga yang terlampau mahal dari yang seharusnya. Hendaklah setiap muslim menggunakan waktu dan kesempatan hidup dengan sebaik-baiknya.
Waktu seorang hamba itu ada empat, tidak ada yang kelima; pertama, waktu Ketika mendapat nikmat; kedua, waktu ketika sedang diuji; ketiga, waktu ketika sedang taat; keempat, waktu ketika sedang maksiat.

Pada tiap-tiap waktu tersebut ada hak Allah sebagai Sang Pencipta yang harus tetap dipenuhi oleh setiap hamba.

Jika seorang hamba sedang berada di waktu taat, maka ia harus menyadari betul bahwa segala apa yang ada pada dirinya saat itu adalah nikmat dari Allah. Allah lah yang telah membimbingnya untuk taat dan memberinya kekuatan untuk berada di jalan ketaatan.

Jika seorang hamba sedang berada di waktu ketika ia mendapat nikmat, maka ia harus terus bersyukur.

Jika seorang hamba berada di waktu maksiat, maka ia harus segera bangkit dari kemaksiatan itu untuk kemudian bertobat dan istighfar sesering mungkin.

Jika seorang hamba sedang berada di waktu ketika ia mendapat ujian dari Allah, maka jalan yang harus ia tempuh adalah jalan ridha dan sabar.

Sebagai penutup mari renungi sabda Nabiyyullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam:

لَا تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمُرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ، وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ، وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ، وَفِيمَا أَنْفَقَهُ، وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلَاهُ

“Kedua telapak kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sampai ditanyakan (4 perkara): 1) umurnya untuk apa dia habiskan,2) ilmunya untuk apa dia amalkan,3) hartanya dari mana dia peroleh dan untuk apa dia habiskan, 4) dan tubuhnya untuk apa dia gunakan.” (HR. At-Tirmidzi No. 2341)

Wallahu'alam (/oh)

Doa Meminta Perlindungan dari Musibah

Doa Meminta Perlindungan dari Musibah
Sahabat sekalian... 
Kembali hati ini berduka menyaksikan saudara-saudara seiman dan setanah air tertimpa bencana. Tidak bisa kaki ini ikut melangkah ke sana. Harta pun tidak seberapa. Hanya bisa diri ini menggoreskan sebaris kata, yang tak ubahnya sebatas asa yang melipur lara sesaat.

Bencana yang melanda di penghujung tahun ini datang bersahutan, mulai dari erupsi Gunung Semeru, banjir yang menerjang Lombok Barat, Manado, Makassar, dan gempa bumi yang mengguncang NTT.

Musibah adalah sunnatullah jangan sampai musibah yang menyapa melupakan kita dari melangitkan doa kepada Rabb pemilik musibah. Panjatkan doa, rayulah Dia, agar Allah mengakhiri musibah yang kita alami, mencatat kesabaran kita sebagai pemberat timbangan, dan mengganti apa yang hilang dari kita dengan yang lebih baik.

Doa Meminta Perlindungan dari Musibah
Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

“Pintalah perlindungan Allah dari musibah yang memayahkan, kesengsaraan yang menderitakan, takdir yang buruk, dan cacian musuh.” (HR. Al-Bukhari No. 6242)

Ibnu Baththal rahimahullah menjelaskan,
“Musibah yang memayahkan adalah apa yang menimpa seseorang berupa kesulitan yang amat, yang terlalu berat untuk ia pikul, dan ia tidak sanggup menolaknya.” (Fathu al-Bari Syarhu Shahih al-Bukhari, Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqalani, 11/139)

Doa di atas sering sekali Nabi panjatkan dan sejatinya beliau mengajarkan doa tersebut kepada kita.

Sudah selayaknya kita mencontoh beliau dengan turut melantunkan doa,

A-ūżu billāhi min jahdil balā-i wa darakisy syaqā-i wa sū-il qaḍā-i wa syamātatil a‘dā-i

Itulah segores pena beberapa tuntunan Islami dalam menyikapi musibah yang datang sehingga sikap yang tepat ini dapat meneguhkan kita.

Semoga tulisan ringan ini melipurkan lara dan memberikan kekuatan kepada kita orang yang beriman kepada Allah ketika menghadapi musibah.

Terakhir, mari kita mendoakan saudara-saudara kita yang sedang mendapatkan musibah agar mendapatkan ketabahan. Aamiin. (/oh)

Syukur Hati

Syukur Cerminan Iman

Assalaamu’alaikum Wr Wb

الحمد لله الرحيم الرحمن , علم القرآن خلق الإنسان علمه البيان، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له أنزل الْقُرْآن هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ، وأشهد أن سيدنا ونبينا محمدًا عبده ورسوله صلى عليه الله وملائكته والمؤمنون وعلى آله وأزواجه وخلفائه وجميع أصحابه ومن تبعهم بإحسان . أَمَّا بَعْدُ فَياَعِبَادَ اللهِ أُصِيْكُمْ وَإَيّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ

Jama’ah Jum’at yang berbahagia…

Ucapan syukur sudah selayaknya menjadi kalimat pertama dalam membuka khutbah pada kesempatan siang kali ini. Kalimat syukur yang kita lantunkan adalah bukti bahwa kita masih  menyadari kedudukan kita sebagai hamba Allah SwT yang masih bisa merasakan berbagai nikmat hingga detik ini karena kasih sayang-Nya. Apapun bentuknya, berapapun jumlahnya, hingga bagaimanapun cara diberikannya kepada kita, yang jelas setiap nikmat dari Allah SwT harus disyukuri.

Selanjutnya, semoga shalawat teriring salam selalu tersanjungkan kepada Nabi terakhir, Nabi Muhammad saw. Beliaulah yang telah meninggalkan sunnah-sunnah sebagai suri tauladan bagi setiap manusia yang apabila diikuti maka setiap manusia tidak akan tersesat di dunia maupun di akhirat.

Tak lupa pula, melalui mimbar Jum’at ini, khatib mewasiatkan kepada diri pribadi dan kepada jama’ah sekalian untuk selalu berupaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SwT. Peningkatan ketaqwaan menjadi amat penting mengingat taqwa adalah sebaik-baiknya bekal yang akan dibawa pada fase kehidupan selanjutnya setelah di dunia.

Jama’ah Jum’at yang dirahmati Allah SwT…

Telah khatib singgung sebelumnya, betapa setiap dari kita harus menyadari bahwa diri kita adalah hamba Allah SWT yang pada setiap detik kehidupan selalu dilimpahi nikmat dari Allah SwT. Cara merespon nikmat tersebut adalah dengan bersyukur kepada Allah SwT, dan nampaknya tidak ada respon lain yang lebih pantas selain bersyukur. Bersyukur juga diperintahkan oleh Allah SWT kepada setiap hamba-Nya, sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Baqarah ayat 152 yang berbunyi:

[البقرة: 152]  فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

Ingatlah Aku (Allah SwT) maka Aku akan mengingat kalian dan bersyukurlah padaKu dan janganlah kalian menjadi orang yang kufur (akan nikmatKu). (Q.S. Al-Baqarah:152)

Meskipun kita diperintahkan untuk bersyukur kepada Allah SWT, namun bukan berarti Allah SwT membutuhkan syukur kita. Sebaliknya, justru perintah syukur tersebut adalah cara bagi kita supaya nikmat yang telah diberikan kepada kita akan terus diberikan dan bahkan bisa bertambah. Sebaliknya, apabila kita kufur terhadap nikmat-nikmat tersebut maka azablah yang akan ditimpakan pada kita. Hal ini juga bersandar pada firman Allah SWT yang berbunyi:

 [إبراهيم: 7]  وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat. (Q.S. Ibrahim:7)

Jama’ah Jum’at yang sama-sama mengharap ridha Allah SwT…

Lantas bagaimanakah cara kita bersyukur terhadap nikmat-nikmat tersebut? Kesyukuran dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu bersyukur dengan hati, lisan, dan perbuatan. Ketiga bentuk kesyukuran ini haruslah dipandang sebagai sebuah kesatuan yang integral, dapat dibedakan namun tidak dapat dipisah, seluruhnya harus dilaksanakan. Apabila salah satu bentuk syukur ini ditinggalkan maka kesyukurannya seorang hamba itu belum sempurna.

Ketiganya tentu sangat penting, namun dalam kesempatan ini Khatib mencoba mengajak kita semua yang hadir dalam kesempatan Jum’at ini untuk merenungkan salah satu aspek saja dari wujud syukur itu. Aspek yang dimaksud adalah aspek bersyukur dengan hati. Hal ini amatlah penting untuk disadari karena sangat berkait erat dengan masalah keyakinan kita kepada Allah SwT. Aspek syukur dengan hati berpengaruh pada aqidah kita sebagai dasar atau pondasi kita dalam berIslam.

Bayangkan jika kita gagal mewujudkan syukur kita dengan hati, maka kita akan sulit meyakini bahwa nikmat tersebut berasal dari Allah SwT. Ketidakyakinan kita bahwa Allah SwT adalah satu-satunya pemberi nikmat adalah bentuk pengingkaran yang serius terhadap Allah SwT. Gagal bersyukur dengan hati artinya aqidah kita telah rusak, apabila qidah telah rusak maka akan amat mudah kita mengarah kepada kesyirikan.

Sebaliknya, jika kita mampu mewujudkan syukur dengan hati maka keimanan kita kepada Allah SwT akan semakin bertambah. Setiap saat nikmat yang kita dapatkan kita akan semakin meyakini betapa Allah SwT adalah amat pemurah kepada hambanya. Selalu bersyukur terhadap segala sesuatu yang baik yang diberikan oleh Allah SwT kepada kita adalah wujud keimanan seorang hamba. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang berbunyi:

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya. (HR. Muslim)

Hadits di atas menunjukkan kepada kita bahwa sifat orang yang beriman adalah selalu bersyukur tatkala mendapat sesuatu yang menyenangkan dirinya. Dengan kata lain bahwa seorang dapat bersyukur atas kesenangan yang didapatkannya jika dirinya itu beriman. Abdullah bin Mas’ud sebagaimana dikutip oleh Ibnul Qayyim mengatakan bahwa,”Iman itu terbagi menjadi dua bagian; sebagiannya (adalah) sabar dan sebagian (lainnya adalah) syukur.” Ungkapan ini menandakan bahwa keimanan seseorang sangat berhubungan dengan kemampuannya untuk bersyukur. Sehingga sudah selayaknya kita sebagai seorang hamba yang mengaku beriman untuk selalu bersyukur kepada Allah SwT.

Jama’ah Sholat Jum’at yang sama-sama mengharap maghfirah Allah SwT…

Dengan pemahaman sebagaimana telah disampaikan sebelumnya, maka tidaklah berlebihan jika mulai saat ini kita menanamkan dalam diri dan kepada saudara-saudara kita bahwa Syukur itu adalah cerminan Iman kita. Kemampuan kita untuk bersyukur adalah cerminan kualitas keimanan kita, makin kita pandai bersyukur insyaa-Allah kualitas keimanan kita juga akan meningkat. Dan tentunya sebaliknya, kita harus mewaspadai ketika kita sudah tidak pandai bersyukur artinya keimanan kita juga sedang berada dalam kondisi yang rendah.

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَ لَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ العَظِيْمِ  وَ نَفَعَنِيْ وَ إِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَ الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَ تَقَبَّلَ اللهُ مِنّيْ وَ مِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِه وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ  أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ

Akhirnya, pada khutbah kedua ini, marilah kita berdoa seraya mengharapkan selalu dilimpahi kebaikan dunia dan akhirat.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ. اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Keadilan dan Pemimpin Yang Adil

IKHTISAR JUMAT, Keadilan dan Pemimpin Yang Adil Bandung, 1 November 2014 "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa s...