Faktor faktor yang harus diperhatikan dalam menerapkan konsep didaktik.
Bagian 1
a. Pengajar(Pendidik)
Dalam pengertian yang sederhana, Pendidik adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik, sedangkan dalam pandangan masyarakat adalah orang yang melaksanakan pendidikan di tempat-tempat tertentu, tidak mesti di lembaga pendidikan formal (Sekolah atau institusi pendidikan dengan kurikulum yang jelas dan terakreditasi), tetapi bisa juga di lembaga pendidikan non formal (Lembaga Pendidikan Ketrampilan, Kursus, di masjid, di surau/musala, di gereja, di rumah, dan sebagainya).
Undang-undang No. 20 Tahun 2003, Pasal 39 (2) menjelaskan bahwa pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan. Sementara itu sebutan pendidik dengan kualifikasi dosen merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Tenaga pendidik meliputi : *guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. (UU No. 20 tahun 2003 pasal 1).*
Pengajar hendaknya memiliki kepribadian yang luhur dan mulia seperti beberapa kepribadian berikut ini:
- Memiliki rasa kasih
- Keikhlasan/tulus
- Tenang(calm)
- Rasa hormat(respect)
- Bijaksana/keadilan
- Bersahaja/rendah diri
- Berwibawa
- Toladan
- Terpercaya
- Kesabaran
- Cerdas
- Trampil
- Beretika/santun
- Estetis
- Berpenampilan baik
- Religius
- Tanggung jawab (responsibility)
- Disiplin
- Humoris
- Bersahabatan (friendship)
- Menyenangkan(favorable)
Selain itu sebagai pengajar juga harus menguasai kompetensi guru seperti :
(1) Guru harus memiliki pengetahuan yang luas tentang materi yang diajarkan
(2) Memiliki wawasan pengetahuan tentang materi berkaitan dengan disiplin ilmu lainnya.
(3) Menguasai ilmu didaktik dan metodik.
(4) Mampu menysusn program pembelajaran yang baik.
(5) Mampu melaksanakan program sesuai rencana secara tepat.
(6) Mampu mengenal karakteristik perbedaan siswa.
(7) Mampu memanfaatkan sumber belajar yang tersedia.
(8) Mampu menciptakan media atau alat-alat bantu pembelajaran.
(9) Kreatif dan inovatif dalam mengkreasi lingkungan belajar, iklim belajar, membangkitkan motivasi. (creator dan innovator).
(10) Mampu mengoperasikan media modern.
(11) Mampu memfasilitasi setiap kesulitan siswa. (fasilitator).
(12) Mampu membimbing siswa yang memiliki kekurangan.
(13) Ketepatan dalam menggunakan alat bantu secara efektif.
(14) Mampu menampilkan contoh-contoh gerak. (demonstrator).
(15) Mampu melakukan analisis gerak, mengoreksi, evaluasi, dan solusi yang tepat. (analisator/evaluator).
(16) Memberikan tugas-tugas gerak, dan cue/isyarat yang benar.
(17) Mampu menjadi motivator.
demikian materi bagian 1 selamat belajar.
tks.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar