Postingan

Manusia Lemah Allah Berikan Keringanan

Gambar
Tadabbur Ayat Q.S. An Nisa (4): Ayat 28. Rincian :  Wallahu' alam (/oh)

Khairu Ummah & Ummatan Wasatha

Gambar
Khairu Ummah & Ummatan Wasatha (ikhtiar menjaga kualitas sebagai umat namun tetap bergerak). Sebagai Ummat Kita tidak berada di posisi gerakan yang ekstrim, radikal, liberal, fundamentalis, apalagi sekuler. Kita berada di posisi tengahan atau dikenal dengan sebutan washatiyah/moderat, hal ini menjadi karakter  sebagai umat Islam.  Sebuah ummat Islam kita tidak bergerak yang bersifat tunggal namun banyak memiliki pertautan, yaitu dalam hal akhlak, ibadah, dan akhlak yang memiliki watak khasnya yang bersifat berdimensi purifikasi, sedangkankan muamalah-duniawiyah bersifat dinamis. Dalam pembentukan umat, pandangan wasithiyah merujuk antara lain pada konsep dasar “Ummatan Wasatha” sekaligus “Syuhada ‘ala al-Nas” seperti terkandung dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah 143. وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا ۗ وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِي كُنْتَ عَلَيْهَا إِلَّا لِنَعْلَمَ مَنْ ي...

Belajar dari Ibrahim AS

Gambar
gb. ilustrasi/ google Belajar dari Ibrahim AS (Sebuah Catatan) Lahir di zaman Namrud Sang penyembah berhala dan juga mengajak rakyatnya Ayahnya penyembah berhala Pemahat berhala Azar Namanya Dia lah Ibrahim Cerdas orangnya Luas pengetahuannya Banyak belajar  Mengamati kehidupan Saat malam dia merenung Pandangi bulan dan bintang Dalam benaknya Inilah Tuhan? Bulan pun hilang Dugaan benaknya pun Pudar! Saat siang dia merenung Pandangi Sang Sinar Terang Dalam benaknya Inilah Tuhan? Matahari pun terbenam Dugaan benaknya pun hilang! Allah beri petunjuk dia temukan tuhan yang Ahad yang Khalik Maha Esa Maha Pencipta Dia lah Ibrahim Cerdas orangnya Luas pengetahuannya Banyak belajar  Diapun menemukan Tuhannya --- Oktober, 13, 2020 oholidin

Faktor faktor yang harus diperhatikan dalam menerapkan konsep didaktik.

Faktor faktor yang harus diperhatikan dalam menerapkan konsep didaktik. Bagian 1  a. Pengajar(Pendidik) Dalam pengertian yang sederhana, Pendidik adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik, sedangkan dalam pandangan masyarakat adalah orang yang melaksanakan pendidikan di tempat-tempat tertentu, tidak mesti di lembaga pendidikan formal (Sekolah atau institusi pendidikan dengan kurikulum yang jelas dan terakreditasi), tetapi bisa juga di lembaga pendidikan non formal (Lembaga Pendidikan Ketrampilan, Kursus, di masjid, di surau/musala, di gereja, di rumah, dan sebagainya). Undang-undang No. 20 Tahun 2003, Pasal 39 (2) menjelaskan bahwa pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan. Sementara itu sebutan pendidik dengan kualifikasi dosen merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil p...

Cara Pandang Seorang Muslim

Gambar
Memandang Masalah  Masalah (bahasa Inggris: problem) didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diharapkan. ( wikipedia ) Pemecahan Masalah kita kenal dengan istilah Problem Solving. Memandang  Masalah yang didefinisikan dengan baik memiliki tujuan akhir yang spesifik dan solusi yang diharapkan dengan jelas, Masalah yang didefinisikan dengan baik memungkinkan perencanaan yang lebih awal daripada masalah yang tidak jelas.  Kemampuan untuk memahami apa tujuan akhir dari masalah tersebut, dan aturan apa yang dapat diterapkan merupakan kunci untuk menyelesaikan masalah. Terkadang masalah membutuhkan pemikiran abstrak atau solusi kreatif. Bagaiman pendekatan Al-Qur'an dalam Hal ini? 1. Masalah merupakan bentuk kasih sayang Allah swt yang berupa ujian dan peringatan. Al-Quran menegaskan hal ini dalam surat al-Anbiya ayat 35: كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُون...

MENYEBARLUASKAN KEJELEKAN ORANG

Gambar
MENYEBARLUASKAN KEJELEKAN ORANG diedit oleh : admin*) penaku.smampuraseda.sch.id - Kejelekan manusia tentu suatu hal yang tidak ingin diketahui oleh manusia yang lain bahkan menjadi keinginan semua orang jika kejelakannya hanya dirinya yang tahu. Namun kadang sifat manusia yang tidak puas dan penasaran untuk senantiasa menyebarkan dan mencari tahu apa yang ada dalam pikirannya. Keingintahuan manusia akan suatu hal kadang positif bahkan negatif. saat hal pisitif yang ingin diketahuinya tentu akan membawa manfaat baginya atau mungkin bagi orang lain. Tetapi sebaliknya ketika hal negatif yang menjadi keungin tahuannya, tentu dampak yang timbul pun akan negatif baginya dan bagi orang lain. baca juga :  Ada Garansi Allah di Waktu Shubuh dan Ashar Dalam Al-Qur'an Allah mengingatkan kita bahwa perbuatan yang baik bagi manusia,  bila sebaliknya pun demikian Q.S. 17:7 Dalam hal ini Nabi bersabda : وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ “... dan barangsiapa...

Materi PAI keals XI : Surat Yunus ayat 40-41

Gambar
Materi PAI KELAS XI SMA Kompetensi Dasar : Menganalisa surat yunus ayat 40-41 Tujuan pembelajaran:  1. Membaca dengan fasih  2. Menafsirkan berdasarkan kalimat/ lapadz ayat 3. memahami bunyi dan hukum bacaan 5. Menganalisa isi kandungan surat Yunus ayat 40-     41 6. Mengambil hikmah dan pelajaran yang      terkandung dalam surat Yunus ayat 40-41 Materi :  Bunyi Surat Yunus ayat 40-41 Ayat 40: وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ لا يُؤْمِنُ بِهِ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ "Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Qur'an, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan." Ayat 41: وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri ter...