A. Pengertian Didaktik Dan Metodik
Didaktik
berasal dari kata yunani “didoskein” yang berarti pengajaran atau pembelajaran
yaitu aktifitas
yang menyebabkan timbulnya kegiatan dan kecakapan baru pada orang lain. Di
Indonesia didaktik
berarti ilmu mengajar, maka pengertian didaktik mengandung pengertian yang
sangat luas,
pengertian didaktik akan difokuskan pada bagaimana perlakuan guru dalam proses
belajar mengajar
tersebut. Mengajar menurut pengertian modern adalah aktivitas guru dalam organisasikan
lingkungan dan mendekatkannya kepada anak didik sehingga terjadi proses belajar
( nasution:1935:5)
Metodologi pengajaran agama islam adalah ilmu yang membicarakan cara-cara menyajikan bahan pelajaran agama islam kepada siswa untuk tercapainya tujuan yang telah diterapkan secara efektif dan efesien
Secara
garis besar didaktik dibagi menjadi 2, yakni :
1.
Didaktik umum
2.
Didaktik khusus
Didaktik umum memberikan prinsip-prinsip yang bersifat umum dan berkenaan dengan penyajian bahan pelajar. Diantara prinsip-prinsip pengajaran tersebut : Minat, perhatian, motivasi, appersepsi, lingkungan, individualitas, aktivitas, peragaan, korelasi dan konsentrasi. Prinsip- prinsip pengajaran berlaku atau seyogianya dapat diterapkan dalam semua bidang study yang diajarkan.
Didaktik khusus membicarakan tentang cara mengajarkan sesuatu mata pelajaran tertentu dimana prinsip-prinsip umum pengajaran juga diterapkan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan. Penerapan didaktik khusus sangat diperlukan dalam pengajaran, karena setiap bidang study yang diajarkan memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya, dan guru harus dapat memilih metode apa yang sesuai digunakan dalam kegiatan belajar mengajar bidang study tertentu,hal ini tergantung pada ciri-ciri khas bidang study yang diajarkan disamping memperhatikan faktor-faktor lainnya.
Didaktik khusus juga disebut dengan metodik atau disebut juga metodologi pengajaran.metodik berasal dari bahasa yunani yaitu metodos yang berarti mengajar,menyelidiki,cara melakukan suatu prosedur. Metodik dibagi menjadi 2:
1. Metodik umum
2. Metodik khusus(S.Nasution,1982:5)
Metodik
umum membicarakan tentang cara-cara mengajarkan suatu jenis pelajaran secara garis
besarnya saja.dalam metodik umum tersebut juga dibicarakan beberapa aspek,antara
lain:
1.
Rencana pelajaran
2.
Jalannya pelajaran
3.
Sikap dan gaya mengajar(style)
4.
Bentuk pengajaran dan metode-metode mengajar
5.
Alat dan media yang dipakai,dsb.
Metodik
khusus membicarakan tentang pengetahuan yang membahas cara-cara mengajarkan suatu
jenis materi pelajaran tertentu secara mendetail artinya diuraikan sampai
kepada bagian-bagian yang terkecil.
selanjutnya : Ruang Lingkup Metodologi Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar